Ethica Institute Of Islamic Finance

Pengenalan

Baca Keterangan Resminya

Kami percaya bahwa bunga adalah akar penyebab sebagian besar masalah dunia.

Jika kita tidak memiliki bunga majemuk, kita tidak membutuhkan pertumbuhan majemuk. Dan jika kita tidak membutuhkan pertumbuhan majemuk, kita tidak akan mengalami sebagian besar kemiskinan yang disebabkan utang, perang yang haus sumber daya, dan perubahan iklim yang tak terkendali seperti yang kita lihat sekarang. Para ahli mengatakan bahwa bahkan pandemi kita saat ini adalah hasil dari penurunan keanekaragaman hayati, yang sebagian besar didorong oleh pola pikir pertumbuhan yang rakus. Semua bunga - baik bunga sederhana atau bunga majemuk, baik dengan suku bunga yang sangat rendah atau sangat tinggi - tumbuh begitu cepat sehingga kita tidak dapat mengikutinya.

Butuh contoh? Brasil adalah rumah bagi hutan hujan Amazon yang indah. Keajaiban yang subur ini memasok kita dengan seperempat oksigen dunia. Sayangnya, hutan ini akan lenyap dalam kehidupan kita. Mengapa? Jadi Brasil dapat melunasi utangnya sebesar $ 200 miliar. Bagaimana? Dengan kayu.

Atau ambil contoh yang lebih dekat dengan rumah. Apakah Anda atau seseorang yang Anda kenal hancur di bawah hutang pribadi yang terus bertambah? 43% dari semua keluarga Amerika sekarang membelanjakan lebih dari yang mereka peroleh setiap tahun. Dan masalah ini semakin parah setiap tahun bagi jutaan keluarga di seluruh dunia.

Kami percaya ada hubungan antara minat dan banyak masalah dunia. Dan kami percaya bahwa keuangan Islam dapat membantu menyelesaikan beberapa masalah ini.

Namun agar hal ini terjadi, kita membutuhkan dua hal: isi hukum dan semangat hukum. Agar surat hukum dapat berfungsi, keuangan Islam harus mengikuti beberapa standar minimum dasar. Standar yang tidak akan dianggap serius kecuali bank sentral mulai menarik beberapa izin.

Standar terbaik dalam industri - secara de facto di lebih dari 90% yurisdiksi keuangan Islam dunia - adalah AAOIFI (diucapkan "ao-fee"), yang merupakan singkatan dari Organisasi Akuntansi dan Auditing untuk Lembaga Keuangan Islam. AAOIFI mempertemukan para sarjana dari seluruh dunia yang menyetujui standar Syariah. Dan karena AAOIFI memberikan standar minimum, jika tidak sesuai dengan AAOIFI , mungkin tidak sesuai dengan Syariah. Seperti yang dikatakan seorang ulama, "Hal terdekat yang kita miliki dengan Ijma (kesepakatan ulama) dalam keuangan Islam adalah AAOIFI ." Ijma , seperti yang Anda ketahui, adalah sumber pembuktian tertinggi setelah Alquran dan hadits dalam yurisprudensi Islam tradisional. Kami percaya bahwa mengikuti Standar Syariah AAOIFI - dan mempertanyakan apakah bank, cendekiawan, atau pelatih Anda mengikutinya - adalah titik awal yang baik untuk mengikuti peraturan perundang-undangan.

Tapi kita tidak bisa berhenti di situ. Keuangan Islam juga harus mengikuti semangat hukum.

Kita perlu mempromosikan struktur berbasis ekuitas seperti Musharakah dan Mudarabah dan mengurangi ketergantungan kita pada struktur yang bijaksana seperti Murabahah. Kita perlu menghilangkan Tawarruq . Dan pada tingkat yang lebih luas, kita perlu mengatasi masalah perbankan cadangan utang fraksional yang lebih besar. Mengapa bank bisa meminjamkan uang yang tidak mereka miliki? Dan menghasilkan uang dari uang yang tidak ada? Apakah ini masuk akal?

Sementara kenyataannya adalah bahwa bank tidak akan pergi dalam waktu dekat, langkah pertama untuk menantang perbankan cadangan utang fraksional adalah membangun mata uang berbasis emas yang diakui secara global. Ini segera memaksa pasar untuk mengikat transaksi dengan aset daripada mendasarkannya pada angka-angka di dalam komputer.

Jadi, dari mana kita mulai dengan mempromosikan hukum dalam huruf dan semangat?

Kami percaya ini dimulai dari Anda dan saya.

Jika Anda memiliki rekening di bank konvensional, pindahkan uang Anda ke bank syariah. Jika tidak ada bank syariah di negara Anda, buka rekening di luar negeri di negara yang memilikinya.

Jika Anda seorang bankir, Anda dapat mulai melakukan dua hal di bank Anda: 1) memeriksa apakah produk bank Anda sesuai dengan AAOIFI . Standar terbaru tersedia di www. AAOIFI .com ; dan 2) mulai beralih ke Musharakah dan Mudarabah untuk berbagai kegiatan mulai dari pengelolaan likuiditas hingga pembiayaan perdagangan. Dan jika bank Anda tidak menawarkan keuangan Islam, mulailah bertanya mengapa.

Jika Anda seorang regulator dan keuangan Islam sudah dipraktikkan di yurisdiksi Anda, tekan bank untuk mengikuti AAOIFI atau risiko lisensi mereka ditangguhkan. Di tingkat yang lebih luas, dukung industri keuangan mikro Islam. Jika keuangan Islam belum mencapai yurisdiksi Anda, promosikan kesadaran dengan inisiatif pelatihan dan pendidikan.

Jika Anda seorang pengusaha, Anda mungkin memiliki keterampilan yang dapat digunakan oleh industri keuangan Islam. Bermimpilah besar: buat perusahaan, lembaga berbasis komunitas, mata uang lokal, desa yang berwawasan lingkungan, atau produk inovatif. Di sebagian besar negara, orang masih kekurangan alternatif bebas bunga untuk rumah, pendidikan, dan pembiayaan perawatan kesehatan. Mengapa lebih mudah menerbitkan Sukuk bernilai miliaran dolar daripada mengumpulkan satu sen untuk pembiayaan pendidikan yang sesuai dengan Syariah? Bagaimana kita dapat mengoperasionalkan Zakat dengan lebih baik? Bagaimana cara membangun model trust milik masyarakat berbasis wakaf?

Jika Anda seorang pelajar, pelajari keuangan Islam. Pikirkan di luar jalur karier standar dan pertimbangkan dengan serius untuk memulai sesuatu sendiri. Lakukan apa yang Anda sukai dan kesuksesan akan menyusul.

Dan jika Anda seorang pendidik yang mencoba - seperti kami - untuk mengubah keuangan Islam menjadi lebih baik, bersabarlah. Perubahan yang berlangsung lama membutuhkan waktu bertahun-tahun, seringkali puluhan tahun. Tahan godaan untuk "membuang bayi dengan air mandi" dan menolak semua keuangan Islam. Industri masih dalam proses dengan jalan panjang. Jadilah bagian dari kemajuan ini daripada memulai teori ekonomi baru yang memukau yang membuat pelanggan biasa menggaruk-garuk kepala bertanya-tanya bagaimana cara membiayai rumah kecil untuk keluarganya. Sebagai gantinya, promosikan saja Mengurangi Musyarakah , misalnya. Lingkungan struktural yang lebih dalam yang diwarisi keuangan Islam - perbankan cadangan hutang fraksional, mata uang fiat - tidak diselesaikan dengan mengganti produk. Mereka diselesaikan dengan mengganti sistem: mata uang berbasis emas yang dikeluarkan oleh bank sentral Islam.

Kami percaya abad ini - memang, tahun-tahun mendatang - tidak akan seperti sebelumnya. Pemanasan global berarti lebih sedikit makanan dan air. Minyak puncak berarti lebih sedikit energi. Dan krisis keuangan yang berulang akan berarti berkurangnya kepastian. Kita bisa mengangkat tangan dan pergi dengan pasrah. Atau kita dapat mengidentifikasi akar masalah dan melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Tuhan hanya membuat kita bertanggung jawab atas tindakan kita. Dia mengurus hasilnya.

Kami percaya bahwa inilah saatnya untuk secara terbuka mempertanyakan paradigma berbasis bunga dan mempromosikan keuangan tanpa bunga sebagai alternatif yang terbukti. Saatnya telah tiba. Tetapi langkah pertama untuk mempertanyakan paradigma dan menawarkan alternatif adalah dengan mendidik diri sendiri.

Hanya dengan begitu Anda akan percaya. Karena jika Anda percaya, begitu pula orang lain.

Lokasi

Dubai

Address
Dubai, Dubai, Uni Emirat Arab

Beasiswa Keystone

Temukan opsi di mana Anda bisa mendapatkan beasiswa kami