
Magister in
Magister Komunikasi Politik dan Masyarakat ESPM – Brasil

pengantar
Sepanjang Master ini, siswa akan dipersiapkan untuk:
- Evaluasi skenario, diskusikan beberapa tema masyarakat kontemporer yang paling relevan, yang bertujuan untuk memahami karakteristik utamanya dan perdebatan yang sedang populer;
- Memahami konsep dan praktik terbaik komunikasi politik, mengetahui platform, teknik, dan cara bertindak mereka, untuk melaksanakannya secara efektif dan menciptakan strategi yang membangun hubungan yang relevan dan positif dengan audiens mereka;
- Menerapkan apa yang dipelajari dalam situasi nyata, menguraikan metode dan menggunakan konten yang dipelajari dalam tuntutan pekerjaan.
Dalam lingkungan kolaborasi dan pertukaran, profesor dan mahasiswa akan berbagi pengetahuan dan pengalaman sehingga setiap orang memperoleh keterampilan untuk diterapkan di bidang tersebut; modul bertujuan untuk mengembangkan siswa untuk bertindak percaya diri dalam kehidupan nyata.
Siswa Ideal
untuk siapa itu ditujukan
- Bertanggung jawab atas komunikasi (dan pemasaran) anggota parlemen, walikota, dan gubernur yang menjabat, yang perlu menghadapi tantangan pembangunan citra dan memastikan dialog yang relevan dengan penduduk.
- Profesional yang bekerja dengan media digital dan ingin mempelajari lebih dalam teknik (juga offline) komunikasi dan pemasaran dalam konteks sosiopolitik.
- Konsultan, antara lain profesional kampanye pemilihan, mencari ketegasan dan profesionalisasi strategi yang digunakan dalam perlombaan pemilihan, bertujuan untuk memperoleh kapasitas analisis, evaluasi skenario, perencanaan dan implementasi.
- Agen, kantor komunikasi dan hubungan masyarakat, perusahaan konsultan yang perlu melatih profesional mereka di bidang komunikasi politik.
- Profesional komunikasi, periklanan dan pemasaran yang bekerja dalam konteks komersial, tetapi ingin memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru untuk memperluas peluang mereka di pasar dan juga untuk memperkaya diri secara intelektual.
- Pemimpin sosial dan politik, penasehat berusaha memperluas kemampuan mereka dalam memahami masyarakat dan berkomunikasi dengan pemangku kepentingan yang berbeda.
Kurikulum
apa yang akan kamu pelajari
Disiplin akan dilakukan oleh profesor dengan pengalaman di daerah dan yang mendominasi kerangka teoretis-metodologis tema masing-masing. Mereka akan mempresentasikan konten secara langsung melalui konferensi web, menghadirkan interaksi dengan siswa, referensi bibliografi, studi kasus, dan konsep yang relevan.
- Mengintegrasikan Disiplin
- Pemasaran dan Komunikasi Politik: Pengenalan dan Konsep
- Komunikasi dan Ruang Publik: Model Habermasian dan Tantangan Zaman Sekarang
- Diferensiasi dalam Jejaring Sosial: Strategi, Konteks, Analisis, dan Konten
- Data Besar dan CRM
- Perilaku Pemilih dalam Masyarakat Kontemporer
- Analisis dan Konstruksi Wacana
- Kampanye Pemilu - Komunikasi dan Pemasaran
- Televisi, Radio dan Pers
- Metode Penelitian Kualitatif
- Bercerita, Narasi Transmedia dan Konstruksi Merek Politik
- Analisis Sosial Demografi Masyarakat Brasil
- Budaya Demokrasi, Media dan Opini Publik
- Penyelesaian kursus kerja (TCC) *
*Di akhir kursus, siswa akan mempresentasikan pekerjaan kesimpulan kursus (TCC) secara langsung kepada panel profesor. Presentasi berlangsung di salah satu unit ESPM, di São Paulo, Rio de Janeiro atau Porto Alegre.
Hasil Program
profil alumni
Lulusan Magister Komunikasi Politik dan Masyarakat diharapkan memiliki kualifikasi sebagai berikut:
- Pahami dan terapkan praktik terbaik komunikasi politik dan pemasaran, pikirkan strategi, analisis, dan alat yang tepat yang menghasilkan hasil.
- Diskusikan dan analisis beberapa karakteristik utama masyarakat kontemporer.
- Bentuk dan pimpin tim yang terlibat yang mencari hasil dan bertindak dengan keseriusan dan semangat di berbagai bidang pemasaran dan komunikasi politik.
- Membuat keputusan melalui metode analitis dan referensi teoretis yang penting.