Magister Manajemen Proyek Digital - Online
INESDI Business School
Informasi kunci
Lokasi kampus
Online
Bahasa
Orang Spanyol
format studi
Pembelajaran jarak jauh
Durasi
12 bulan
Kecepatan
Paruh waktu
Biaya pendidikan
EUR 7.200
Tenggat waktu aplikasi
Minta info
Tanggal mulai paling awal
Minta info
pengantar
Manajer proyek telah berubah dari sosok operasional menjadi sosok strategis, dari mendefinisikan berbagai tugas yang harus dilakukan, menjadi memimpin kelompok kerja secara strategis dalam organisasi.
Saat ini, digitalisasi progresif perusahaan, dan munculnya internet sebagai salah satu saluran pemasaran dan komunikasi utama, telah berkontribusi pada munculnya apa yang disebut Proyek Digital. Proyek digital dapat berkisar dari pengembangan aplikasi atau halaman web hingga implementasi berbagai alat digital yang memfasilitasi perampingan operasi bisnis yang berbeda. Produk, layanan, atau proses baru ini, di perusahaan, telah meningkatkan pentingnya apa yang disebut manajer proyek digital.
Manajer proyek digital, seperti manajer proyek tradisional, harus mengoordinasikan perencanaan proyek, memastikan kualitas setiap hasil, membuat penyesuaian yang diperlukan, sesuai dengan perubahan yang mungkin terjadi di lingkungan, dan hasil yang diperoleh dari indikator yang ditentukan , serta mengantisipasi potensi risiko, untuk menjamin hasil akhir yang optimal sesuai kebutuhan klien. Namun, tidak seperti manajer proyek tradisional, manajer proyek digital harus berada di garis depan kemajuan teknologi terbaru, harus mengetahui aspek yang melekat pada produk dan layanan digital, serta memahami fase-fase kunci selama proses digitalisasi organisasi mana pun.
Dalam konteks ini, Magister Manajemen Proyek Digital Inesdi menawarkan gambaran tentang berbagai fase penting dalam proses manajemen proyek, selaras dengan versi baru PMI PMBOK (edisi ke-7), sambil memperdalam manajemen proyek digital; sehingga menanggapi kebutuhan bisnis baru ini.
Galeri
Siswa Ideal
Gelar master ini dirancang untuk manajer proyek dan pemimpin tim kerja yang terkait dengan produk dan layanan tradisional dan digital; bagi para profesional dari bidang lain yang ingin memperoleh pengetahuan khusus tentang manajemen proyek dan mencapai peningkatan posisi profesionalnya; dan bagi lulusan dan lulusan teknik teknik, ekonomi dan bisnis serta sains yang ingin memasuki bidang manajemen proyek.
Kurikulum
Rencana studi dikembangkan selama dua belas bulan, dimulai pada bulan Mei atau November setiap tahun, dengan skema sepuluh modul yang sesuai dengan mata pelajaran, proyek akhir master yang dikembangkan sepanjang tahun dan dua lokakarya sukarela. Modul-modul ini dibagi menjadi dua blok: Blok I. Manajemen proyek; Blok II. Proyek teknologi.
Modul/mata pelajaran | ECTS |
kamp pelatihan. Bisnis Digital | 2.5 |
Blok I. Manajemen proyek | |
Prinsip dan pengembangan proyek | 2.5 |
Manajemen tim dan pemangku kepentingan | 5 |
Perencanaan proyek | 5 |
Manajemen mutu dan penyampaian proyek | 5 |
Metrik dan pengambilan keputusan | 5 |
Ketidakpastian proyek dan manajemen risiko | 5 |
Model, metode, metodologi dan alat | 5 |
Blok II. Proyek digital | |
Adaptasi dan redefinisi menurut proyek, produk dan organisasi | 5 |
Proyek digital | 5 |
Manajemen proyek digital | 5 |
Proyek Akhir Guru | 10 |
Lokakarya | |
Workshop 1. Persiapan sertifikasi PMP | |
Lokakarya 2. Dasar-dasar teknologi web |
Struktur dan durasi Magister Manajemen Proyek Digital memungkinkan kita untuk memastikan pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Di bawah ini Anda akan menemukan rincian lebih lanjut tentang modul-modul yang membagi program ini dan isinya:
(Catatan: modul tidak ditampilkan berdasarkan urutan kemunculannya dalam program, melainkan berdasarkan blok).
kamp pelatihan. Bisnis Digital
Bootcamp ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa pada bisnis digital, cara kerja perusahaan yang terdigitalisasi, model bisnis digital baru apa saja yang ada, dan cara mendorong inovasi berdasarkan platform digital.
- Ekosistem digital dan dampaknya terhadap bisnis
- Model bisnis digital baru
- Dari proyek tradisional hingga proyek digital
- Peran Manajer Proyek Digital dalam lingkungan saat ini
Blok I. Manajemen Proyek
Prinsip dan pengembangan proyek
Prinsip-prinsip tersebut mengatur fungsi tim dan organisasi; serta menandai perkembangan suatu proyek. Penyelarasan yang benar dari semua bagian sangat penting untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan; Begitu pula dengan pengetahuan mengenai proyek yang akan dikembangkan. Oleh karena itu, tujuan modul ini adalah untuk mempelajari berbagai prinsip yang mengatur pengelolaan proyek yang diidentifikasi dalam kerangka PMBOK 7, sekaligus menganalisis berbagai aspek utama dalam pengembangan proyek, dan peran pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. .setiap tahapan kehidupan proyek. Di antara beberapa poin yang akan dilihat, berikut ini yang menonjol:
- Manajemen proyek dalam manajemen organisasi
- Pihak-pihak yang terlibat dalam manajemen proyek.
- 12 prinsip manajemen proyek
- Perkembangan proyek
- Siklus hidup proyek
- Pendekatan untuk pengembangan proyek
- Fase-fase dalam definisi proyek
Manajemen tim dan pemangku kepentingan
Hasil akhir dari suatu proyek bergantung pada integrasi dan kepemimpinan yang benar dari berbagai pihak yang terlibat di dalamnya. Pengelolaan tim internal dan kelompok eksternal sangat penting untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Memotivasi, melibatkan, memimpin, dan mengoptimalkan arus komunikasi adalah bagian penting dari proses manajemen proyek. Jadi, dalam konteks ini, tujuan modul ini adalah untuk mempelajari proses manajemen pihak yang berkepentingan dan tim yang menjadi bagian dari proyek; dan menyediakan alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk memimpin tim kerja yang berbeda.
- Manajemen pemangku kepentingan
- komitmen
- Interaksi
- Manajemen tim internal
- Kepemimpinan: gaya dan keterampilan
- Budaya
- Tim berkinerja tinggi
- Manajemen perubahan
Perencanaan proyek
Perencanaan mengintegrasikan berbagai aspek yang terkait dengan organisasi, sebelum, selama dan setelah pengembangan suatu proyek. Koordinasi yang benar dari setiap aktivitas yang terlibat berdampak langsung pada hasil akhir. Modul ini bertujuan untuk mempelajari lebih dalam berbagai bidang yang terlibat dalam perencanaan proyek. Beberapa topik yang akan dilihat adalah:
- Variabel kunci
- Jadwal proyek
- Biaya proyek
- Sumber daya manusia
- sumber daya fisik
- Kontrak dan aspek hukum
- Proses dalam proyek
- Penggunaan alat: Proyek MS
Manajemen mutu dan penyampaian proyek
Harapan sehubungan dengan setiap penyampaian yang harus dilakukan selama proses pengembangan proyek berbeda-beda tergantung pada kelompok kepentingan yang berbeda. Selain itu, perubahan lingkungan yang terus-menerus dapat menyebabkan redefinisi aspek-aspek tertentu dari suatu proyek. Dalam konteks ini, tujuan modul ini adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan yang diperlukan untuk menentukan ruang lingkup proyek dan menjamin kualitasnya, membuat penyesuaian yang diperlukan sesuai dengan perubahan lingkungan dan kebutuhan kelompok kepentingan. Beberapa topik yang akan dilihat adalah:
- Hasil proyek
- Ruang lingkup proyek
- Kualitas proyek
Metrik dan pengambilan keputusan
Pendefinisian, penerapan dan pemantauan indikator-indikator utama tertentu diperlukan dan diwajibkan untuk mencapai hasil optimal dari keluaran yang sedang dikembangkan. Tujuan dari modul ini adalah untuk membekali siswa dengan alat yang diperlukan yang memungkinkan mereka mengukur hasil proyek, serta membuat keputusan yang ditunjukkan setiap saat, memastikan bahwa produk/layanan optimal yang diharapkan tercapai, sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan sebelumnya. Beberapa topik yang akan dilihat adalah:
- Definisi indikator utama
- Area aplikasi
- Penyajian informasi
- pengambilan keputusan
Ketidakpastian proyek dan manajemen risiko
Beroperasi di lingkungan yang terus berubah memaksa perusahaan untuk mengambil langkah-langkah yang bertujuan mengelola risiko dan ketidakpastian, selama pengelolaan setiap proyek yang dikembangkan di dalamnya. Tujuan dari modul ini adalah untuk menawarkan pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk mengelola risiko, ambiguitas, dan kompleksitas dalam lingkungan.
Beberapa topik yang akan dibahas adalah:
- Ketidakpastian dalam proyek
- Ambiguitas dalam proyek
- Kompleksitas dalam proyek
- Volatilitas dalam proyek
- Risiko dalam proyek
Model, metode, metodologi dan alat
Ada berbagai model, metode, metodologi, dan alat yang berkontribusi terhadap manajemen proyek yang benar, dan mungkin berbeda-beda bergantung pada jenis proyek yang dikelola. Oleh karena itu, tujuan modul ini adalah untuk mempelajari aspek-aspek yang paling relevan dan fokus pada aspek-aspek terpenting dari masing-masing aspek, sehingga dapat dipilih berdasarkan variabel-variabel yang dibahas dalam modul “Adaptasi dan redefinisi menurut proyek”. , produk dan organisasi”. Beberapa topik yang akan dibahas adalah:
- Model:
- Model kepemimpinan
- Model komunikasi
- Model motivasi
- Ganti model
- Model lainnya
- Metode pengumpulan dan analisis data
- Metodologi:
- Tradisional
- Lincah. (Scrum, Kanban) dan Lean
- Peralatan:
- Manajemen strategis
- Perencanaan strategis
- Alat lainnya
Blok II. Proyek digital dan teknologi
Adaptasi dan redefinisi menurut proyek, produk dan organisasi
Setiap proyek harus menyesuaikan dengan variabel yang berbeda seperti jenis organisasi dan jenis produk/jasa. Dengan mempertimbangkan hal ini, tujuan modul ini adalah untuk mempengaruhi proses penyesuaian proyek, memberikan semua pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk melakukannya sesuai dengan standar yang menandai manajemen proyek. Beberapa topik yang akan dibahas adalah:
- Proses penyesuaian sesuai dengan variabel kunci dan tahapan proyek yang berbeda
- Manajemen proyek menurut sektor dan organisasi
- Manajemen proyek berbasis produk
Proyek digital
Internet telah menjadi salah satu saluran pemasaran dan komunikasi utama yang tersedia bagi bisnis untuk generasi yang sedang berkembang. Keberadaan saluran ini serta perkembangan teknologi telah mendorong munculnya produk-produk info dan produk digital seperti eBook, kursus online, aplikasi, video game, dan lain-lain. Secara garis besar produk digital adalah barang yang dibeli melalui website yang tidak memiliki bentuk fisik. Pengembangan dan peluncuran produk digital memiliki keuntungan berbeda dari sudut pandang bisnis. Demikian pula, penggabungan teknologi baru secara progresif ke dalam perusahaan telah mendukung digitalisasi transversal di berbagai bidang fungsional mereka. Akibatnya, pengelolaan proyek yang terkait dengan jenis produk dan proses ini berbeda dengan pengelolaan proyek yang terkait dengan produk, layanan, dan proses tradisional. Modul ini bertujuan untuk menawarkan visi holistik tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan produk, layanan, dan proses digital, sebagai pendahuluan dari modul yang bertujuan mengelola proyek digital. Beberapa topik yang akan dibahas adalah:
- Transformasi digital
- Aspek utama dan definisi proyek atau produk digital
- Proses ide dan pengembangan proyek digital. Proses dan teknik untuk pembuatan ide, pembuatan prototipe, dan optimalisasi dalam desain produk atau layanan digital dan menghasilkan MVP (produk minimum yang layak)
- Siklus hidup proyek digital
- Peluncuran proyek digital.
Manajemen proyek digital
Berbagai variabel dan tindakan yang dimaksudkan dalam proses manajemen proyek dimodifikasi bergantung pada variabel yang berbeda. Salah satu variabel ini adalah produk akhir atau hasil akhir. Modul ini merupakan kelanjutan dari modul “Adaptasi dan redefinisi menurut proyek, produk dan organisasi”. Tujuannya adalah untuk mempelajari lebih dalam proses manajemen proyek yang hasil akhirnya berupa produk, layanan, atau proses digital. Beberapa topik yang akan dibahas adalah:
- Definisi dan perencanaan proyek digital
- Proses utama dalam manajemen proyek digital
- Kelompok kepentingan dalam proyek digital. Aktor dan departemen yang terlibat
- Pemilihan sumber daya manusia dalam proyek digital
- Ketidakpastian, kecepatan dan risiko dalam proyek digital
- Alat, metode dan model untuk manajemen proyek digital
- Metodologi OKR (Tujuan & Hasil Utama).
Proyek tesis master
Dalam Proyek Akhir Master, siswa akan memiliki pilihan untuk melaksanakan proyek untuk perusahaan nyata. Anda dapat melakukan ini untuk perusahaan Anda sendiri atau memilih proyek yang diusulkan oleh Inesdi.
Lokakarya
Workshop 1. Persiapan sertifikasi PMP PMI
Sertifikasi atau akreditasi pengetahuan yang diperoleh sehubungan dengan bidang tertentu memungkinkan para profesional untuk meningkatkan posisi mereka di pasar tenaga kerja. Salah satu sertifikasi yang paling relevan saat ini di bidang manajemen proyek adalah sertifikasi PMP dari PMI. Workshop ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam persiapan sertifikasi ini. Beberapa aspek yang dibahas dalam lokakarya ini:
(Catatan: program ini sepenuhnya selaras dengan PMBOK 7, sehingga tujuan lokakarya ini bersifat praktis dan bukan teoritis).
- Aplikasi pendaftaran PMI
- Bidang/Proses Pengetahuan
- Praktek
Workshop 2. Dasar-dasar arsitektur dan teknologi web
Ada banyak teknologi, alat, dan gaya arsitektur untuk mengembangkan situs web dan aplikasi. Seorang manajer proyek digital harus memiliki pengetahuan dasar tentang arsitektur web, pengembangan dan teknologi serta bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Oleh karena itu tujuan dari workshop ini adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan dasar tentang HTML, Java, CSS, PHP
Hasil Program
Tujuan umum
Tujuan umum Magister Manajemen Proyek Digital adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk manajemen proyek di berbagai organisasi, dan terkait dengan produk yang berbeda; menggali masing-masing bidang pengetahuan utama yang direnungkan oleh PMI dalam PMBOK edisi ke-7; serta, berfokus pada kasus tertentu dalam proyek digital.
Objek spesifik
Magister Manajemen Proyek Digital mengejar tujuan spesifik berikut:
- Identifikasi dan selidiki 12 prinsip yang mengatur manajemen proyek.
- Bedakan berbagai fase siklus hidup proyek digital.
- Menentukan aspek-aspek kunci dalam manajemen tim, baik internal maupun eksternal.
- Selidiki berbagai fase dan area penting dalam proses perencanaan proyek digital.
- Memahami konsep hasil proyek dan mengetahui berbagai penyebab atau aspek yang mungkin berdampak pada modifikasi atau definisi ulang proyek tersebut.
- Tentukan KPI yang diperlukan untuk memantau berbagai fase yang direncanakan dalam fase perencanaan, serta mengidentifikasi alat yang diperlukan untuk memantaunya.
- Mengambil keputusan berdasarkan hasil yang diperoleh selama proses pemantauan terhadap KPI yang telah ditetapkan.
- Identifikasi berbagai alat yang diperlukan untuk mengelola risiko, ketidakpastian, volatilitas dan kompleksitas lingkungan, dan terapkan alat-alat tersebut untuk mengurangi dampak negatif yang mungkin ditimbulkan pada proyek.
- Memahami konsep produk/layanan digital dan menyesuaikan proses manajemen proyek dengannya.
- Ketahui berbagai metode, metodologi, model, dan alat yang saat ini digunakan dalam proses manajemen proyek.
Kesempatan berkarir
Setelah menyelesaikan Magister Manajemen Proyek Digital Inesdi, siswa akan dapat menduduki posisi seperti:
- Direktur proyek nasional dan internasional
- Manajer Proyek Digital
- Konsultan manajemen proyek
- Direktur kualitas proyek
- Direktur Kantor Manajemen Proyek
- Manajer risiko proyek
- Manajer Portofolio
- Manajer Program
- Manajer tim kerja