Magister E-niaga dan Marketplace - Online
INESDI Business School
Informasi kunci
Lokasi kampus
Online
Bahasa
Orang Spanyol
format studi
Pembelajaran jarak jauh
Durasi
12 bulan
Kecepatan
Paruh waktu
Biaya pendidikan
EUR 7.200
Tenggat waktu aplikasi
Minta info
Tanggal mulai paling awal
Minta info
pengantar
Bahwa kebiasaan membeli telah berubah adalah fakta. Sejak awal krisis COVID-19, percepatan digitalisasi di kalangan konsumen telah tumbuh secara signifikan. Ada banyak yang telah menunjukkan penolakan mereka terhadap keramaian di ruang fisik dan lebih memilih untuk melakukan pembelian secara online. Bahkan kelompok sosial yang hingga dua tahun lalu - sebelum COVID 19 - melihat perdagangan elektronik dari prisma yang bijaksana dan bahkan enggan - generasi seperti Silent atau Baby Boomers - telah memulai transformasi dalam kebiasaan konsumsi mereka dari offline ke online, saat ini menjadi salah satu khalayak yang paling aktif untuk pertama kali mengenali manfaat tertentu dari perdagangan elektronik: kedekatan, kenyamanan, atau kegunaan antara lain yang membuat koeksistensi dengan bisnis tradisional terguncang di sektor-sektor seperti ritel.
Di negara-negara seperti Spanyol, jumlah pengguna eCommerce diperkirakan akan tumbuh sebesar 25% hingga mencapai 35 juta pengguna pada tahun 2024. Saat ini, lebih dari 60% penduduk Spanyol membeli secara online, di mana 40% di antaranya melakukannya dengan ponsel cerdas mereka. Data yang sangat menguntungkan untuk e-niaga di Spanyol, yang, bersama dengan Inggris Raya, Amerika Serikat, Jerman, Inggris Raya, Prancis, dan Italia, menandai negara-negara dengan hasil terbaik dalam pembelian elektronik.
E-niaga telah didemokratisasi dan perusahaan serta organisasi yang tidak beradaptasi dengannya akan mengalami kesulitan untuk bergerak maju jika tidak berkembang bersama publik. Dalam ekosistem belanja online yang hebat ini, bagian kedua muncul: Marketplace - yang tidak dikenal dalam strategi penjualan digital dari banyak merek yang, setelah fenomena pandemi, telah datang dengan kekuatan untuk tinggal dan menganggap bahwa Merek telah - masuk strategi penjualan dan komersial mereka - saluran baru untuk dijelajahi untuk memuaskan konsumen.
Dengan cara ini, strategi e-commerce saat ini sangat jelas - serbuan merek melalui operasi mereka di saluran web e-commerce mereka sendiri, serta pemilihan Marketplace dan / atau e-retailer di mana perusahaan ingin memposisikan dirinya. bergantung pada tindakan pasar, model bisnis yang harus diikuti (B2C, B2B), dan citra mereknya. Dengan demikian, tim pemasaran dan manajemen bisnis harus berjalan beriringan - sekarang, lebih dari sebelumnya - untuk kesuksesan penjualan digital perusahaan. Pada titik inilah manajer titik penjualan fisik (GPV) saat ini harus beradaptasi dengan fungsi dan varian saluran digital; Tim pemasaran perdagangan menggabungkan keterampilan dengan area pemasaran tradisional, dan, dalam campuran perubahan yang sedang dialami menuju transformasi ritel digital, sosok baru muncul dalam proses kerja, seperti yang berputar di sekitar peran manajer e-niaga - dilatih untuk tidak hanya menyediakan layanan tergantung pada web e-niaga, pasar, atau jenis operasi penjualan digital lainnya seperti dropshipping - tetapi juga berspesialisasi dalam pengendalian harga, manajemen stok, dan logistik, di antara fungsi-fungsi terperinci lainnya.
titrasi
Master di E-commerce dan Marketplace lahir dari persatuan Inesdi dan UPC.
Di satu sisi, Inesdi Digital Business School adalah sekolah bisnis yang menawarkan program pelatihan yang dibingkai dalam bidang digitalisasi, inovasi dan teknologi, dengan fokus khusus pada dampak pada bisnis. Terlepas dari pembaruan konten yang konstan, sesuai dengan tren baru di lingkungan, Inesdi memiliki staf pengajar yang menonjol karena pengalamannya yang luas dan terbukti di bidang di mana mereka mengajarkan modul mereka.
Di sisi lain, Universitat Politècnica de Catalunya (UPC), yang berbasis di Barcelona, didirikan pada tahun 1971 dan, sejak itu, telah menjadi salah satu universitas politeknik terkemuka di Eropa. Ini adalah lembaga publik untuk penelitian dan pendidikan tinggi di bidang teknik, arsitektur, sains dan teknologi.
Oleh karena itu, setelah program selesai, siswa akan memperoleh:
- Judul Anda sendiri dari Inesdi Digital Business School
- Gelar sendiri diakreditasi oleh UPC, jika persyaratan Universitas dipenuhi pada akhir program
Penerimaan
Kurikulum
Master Inesdi di Ecommerce dan Marketplace disusun dalam 10 modul masing-masing 5ECTS (total 125 jam kerja siswa), ditambah proyek akhir master 10ECTS (250 jam kerja siswa). Masing-masing modul berdurasi satu bulan dan dilaksanakan secara asinkron, yaitu mahasiswa menyelesaikan satu modul per bulan.
Modul/mata pelajaran | ECTS |
Aktivasi merek dan penciptaan bisnis online | 5 |
Solusi teknologi untuk membuat web Ecommerce | 5 |
Manajemen Pasar | 5 |
Manajemen pembelian, penetapan harga , dan pembelian UX | 5 |
Performance Marketing: alat pembayaran, dan aspek hukum e-commerce | 5 |
Pemasaran di Marketplace: metode pembayaran, dan ekosistemnya | 5 |
Analisis dalam e-niaga | 5 |
Dropshipping, dan Optimasi Katalog | 5 |
Layanan Pelanggan, Logistik, dan Manajemen Pengiriman | 5 |
Loyalitas, dan integrasi Otomasi Pemasaran | 5 |
isi
Modul 1. Aktivasi merek dan penciptaan bisnis online
obyektif
Mengenalkan kepada siswa apa itu perdagangan elektronik, bagaimana ekosistem penjualan online tersusun, dan bagaimana suatu merek dapat dikembangkan di berbagai lingkungan yang berbeda termasuk online untuk menjangkau user centric, atau disebut juga user in center. Dari toko online, hingga terjun ke Marketplace, menggunakan pemasaran digital sebagai sumber kesadaran merek dan kesuksesan penjualan.
Siswa akan mengembangkan perspektif bisnis online dari internasionalisasi layanan. Anda akan memahami bahwa pembuatan dan pengelolaan e-niaga tidak lagi dilihat dari pendekatan nasional dan/atau regional karena terjadi secara offline – dan, bagaimana titik penjualan telah berubah secara online – selain mengetahui apa yang diperlukan untuk aktivasi merek. Untuk melakukan hal ini, siswa akan mempelajari cara membuat merek dari awal: bagaimana citra merek e-commerce baru harus disesuaikan dengan khalayak internasional; kegunaan web melalui desain web; kemungkinan metode pembayaran, dan, mengetahui kombinasi antara mengembangkan model bisnis yang berfokus pada web E-niaga, versus memasuki Marketplace – dan, bagaimana hal ini dikaitkan dengan rencana pemasaran digital yang berfokus pada penjualan.
isi
- Pengantar lingkungan digital dan perdagangan elektronik
- Perdagangan elektronik sebagai peluang internasionalisasi
- Digitalisasi tempat penjualan
- Model bisnis dalam perdagangan elektronik: Ecommerce & Marketplace
- Metode pembayaran dan aspek hukum dalam perdagangan elektronik
- Branding: cara mengaktifkan merek secara online (logo, identifikasi grafis, dan bahasa grafis)
- Corong konversi penjualan (Perjalanan Pengguna, dan Rencana Pemasaran Penjualan)
Modul 2. Solusi teknologi untuk membuat web Ecommerce
obyektif
Dalam modul ini, siswa akan belajar membuat web e-commerce sendiri dari awal; Untuk melakukan hal ini, platform e-niaga Shopify akan dijadikan referensi, yang memungkinkan siswa - dari pendekatan praktis - untuk belajar bersama guru cara membuat berbagai modul di situs web mereka, serta pengelolaan dan kontrak program dasar. untuk otomatisasi proses, dan manajemen data, seperti - server, cms, erp, dan crm. Siswa akan dengan mudah memahami semua bagian teknologi yang harus dimiliki sebuah e-commerce – dalam desain dan pembuatannya; selain mempelajari cara mengelola aktivasi dan pengelolaan pesanan sehari-hari, antara lain update e-store.
Dari pendekatan praktis, dan mengambil “kasus” yang berbeda sebagai referensi - siswa akan diperkenalkan dengan ekosistem platform e-commerce lainnya: Woocommerce, dan Prestashop.
isi
- Teknologi dalam perdagangan elektronik (server, cms, erp, crm)
- Jenis CMS dan Modul
- Pembuatan toko online melalui platform Shopify (versi gratis)
- Platform e-commerce terkenal lainnya (Woocommerce, dan Prestashop)
- Desain UX/UI, dan CRO (cara membuat web e-niaga yang dirancang dengan mempertimbangkan pelanggan)
- mCommerce: Aplikasi seluler untuk e-niaga
- Perencanaan, Manajemen, dan proses harian web e-commerce
Modul 3. Manajemen Pasar
obyektif
Setelah siswa ditempatkan – untuk pembuatan e-commerce – pembuatan situs web tidak hanya dapat dilakukan; Siswa akan belajar menjual di Marketplace. Tipologi apa yang ada, cara kerja masing-masing tipologi (yang paling menonjol saat ini) menurut wilayah, model bisnis yang diikuti (B2B, B2C), serta opsi yang berbeda menurut vertikal bisnis e-niaga.
Modul ini juga akan mempelajari platform teknologi yang memungkinkan Anda mengotomatiskan pengunggahan katalog produk berukuran besar, manajemen harga dan penawaran, otomatisasi daftar produk di berbagai Marketplace dan di situs web merek, selain pembuatan akun praktis di Amazon , sehingga siswa memahami cara mendalami dunia Marketplace dalam strategi komersial penjualan online, selain cara membuat lembar produk yang dioptimalkan. Perlu dicatat bahwa siswa akan belajar secara diam-diam – tidak hanya saluran Amazon – tetapi Ebay, dan AliExpress sebagai eksponen ekosistem terbesar, dengan contoh-contoh praktis dan nyata.
isi
- Jenis pasar (sesuai permintaan, SAAS, Terkelola, berbasis komunitas, terdesentralisasi)
- Pasar berdasarkan sektor, diferensiasi dan metodologi kerja
- Pembuatan akun gratis melalui Amazon
- Lembar produk Retail Ready – di Amazon, Ebay, dan AliExpress
- Pengoptimalan SEO, dan kunci algoritme – di Amazon, Ebay, dan AliExpress
- Toko elektronik di Marketplace – di Amazon, Ebay, dan AliExpress
- Alat integrasi, dan pengunggahan katalog di Marketplace (Lengow, dan Channable)
Modul 4: Manajemen pembelian, penetapan harga, dan UX pembelian
obyektif
Dalam modul ini, siswa akan belajar tentang operasi komersial dalam bisnis online yang bergantung pada web ecommerce, serta entri dan negosiasi di Marketplace. Demikian pula, Anda akan belajar tentang berbagai biaya operasional yang diperlukan dalam pembuatan dan pemeliharaan saluran penjualan digital yang berbeda, selain mempelajari cara menghitung RRP akhir.
Modul yang sama ini akan menjelaskan secara rinci bagaimana bekerja dengan pengalaman pengguna melalui berbagai promosi, dan pesan yang dikirim ke pengguna oleh merek di berbagai saluran tempat komunikasinya berada.
isi
- Manajemen pembelian sebagai strategi bersaing
- Kontrol bermacam-macam dalam e-commerce
- Penetapan harga dan margin komersial dalam perdagangan elektronik
- Promosi (kalender tahunan)
- Cara menghitung RRP akhir dalam perdagangan elektronik (biaya, potongan, dan promosi)
- Kewirausahaan dan pembiayaan publik untuk e-commerce
- Halaman beranda dan katalog toko online: Kategori, Filter, Atribut
- Halaman produk dan check out sebagai kunci penjualan
Modul 5. Kinerja Pemasaran: alat pembayaran, dan aspek hukum e-commerce
obyektif
Setelah siswa mengetahui dengan sempurna cara memasuki Marketplace, dan cara membuat web e-niaga sendiri; Saatnya untuk memfokuskan siswa pada pengaruh yang ditawarkan pemasaran digital untuk kesuksesan penjualan merek, melalui situs webnya. Untuk melakukan hal ini, modul ini akan menjelaskan bidang pemasaran e-niaga di Mesin Pencari, Jejaring Sosial, RTB, dan Pemasaran Inbound. Guru akan menunjukkan berbagai disiplin ilmu yang dihadirkan oleh masing-masing saluran ini, selalu dari perspektif e-niaga; selain menyertakan alat analisis, pengukuran, dan pelaporan khusus dalam perdagangan elektronik.
isi
- Search Engine Optimization (SEO), dan Search Engine Marketing, diterapkan pada e-niaga
- Periklanan Media Sosial, diterapkan pada e-niaga
- Periklanan RTB & Geolokasi (Model SSP, DSP), diterapkan pada e-niaga dan drive to store
- Pemasaran konten sebagai daya tarik saluran penjualan (Inbound Marketing)
- Strategi untuk meningkatkan penjualan, dan CRO di e-commerce
- Metrik dan KPI dalam e-commerce
- Aspek hukum periklanan e-niaga
Modul 6. Pemasaran Marketplace: metode pembayaran dan ekosistemnya
obyektif
Kemajuan pemasaran, dan dalam kemajuannya Marketplace sudah memiliki sistem periklanannya sendiri, untuk itu dalam modul ini siswa akan mempelajari bahwa untuk strategi mereka di Marketplace terdapat jenis periklanan lain yang serupa dengan penjualan: beriklan di mesin pencari melalui Ebay Platform Periklanan, Iklan AliExpress, dan Iklan Sponsor Amazon.
Selain itu, Anda juga akan dilatih tentang tampilan perilaku/opsi terprogram yang dimiliki Amazon DSP (unik di dunia, yang memprofilkan target perilaku 100%); serta mengajar siswa untuk bekerja dengan Pemasaran Perdagangan Online - diterapkan pada pengecer online yang mengizinkannya (antara lain Carrefour, Auchan, ECI). Semua ini dari pendekatan praktis. Selain itu, siswa akan belajar bekerja dengan alat analisis dan pelaporan khusus di bidang pasar.
isi
- Pemasaran Mesin Pencari di: Periklanan Ebay, Iklan AliExpress, Iklan Sponsor Amazon
- Pemasaran Bergambar di Amazon DSP (penargetan domain; data perilaku)
- Periklanan Ritel (El Corte Inglés, Carrefour, Primor, dan pengecer elektronik terpilih lainnya)
- Advokasi, dan program afiliasi untuk meningkatkan penjualan
Modul 7: Analisis dalam perdagangan elektronik
obyektif
Dalam modul ini siswa akan belajar tentang menetapkan KPI tergantung pada saluran pemasaran yang digunakan, anggaran, dan internasionalisasi. Selain belajar dari pendekatan praktis bagaimana menganalisis hasil di web ecommerce dan Marketplace – dengan mengambil referensi berbagai program/alat yang terlihat di kelas, dan tersedia dalam versi gratis.
Demikian pula, Anda akan mempelajari cara menghitung ROAS dalam perdagangan elektronik, dan guru akan mengajarkan tentang alat pelaporan hasil khusus dalam perdagangan elektronik, yang akan memudahkan siswa untuk melihat data.
isi
- Alat analisis dan metodologi di Web E-niaga (alat DCM)
- Alat analisis dan metodologi di Marketplace (alat Sizmek)
- Analisis Web
- peta panas
- Model atribusi sesuai dengan saluran aktivasi di e-commerce
- Cara menghitung ROAS dalam kampanye pemasaran e-niaga Anda
- Analisis profitabilitas kampanye periklanan melalui Web E-niaga dan Marketplace
- Sistem pelaporan. Interpretasi hasil dalam pemasaran kinerja. (Alat corong)
Modul 8. Dropshipping, dan Optimasi Katalog
obyektif
Terdapat berbagai modalitas untuk menerapkan model bisnis digital; dropshipping - adalah salah satu contoh yang paling menonjol.
Dalam modul ini siswa akan belajar tentang cara membuat dan mengelola model bisnis ini. Lalu, bagaimana cara bekerja pada Pemasaran E-commerce - berfokus pada pembuatan toko di mesin pencari (melalui Google Shopping, Microsoft Store, Yahoo Shop); dan toko di jejaring sosial (melalui Facebook Shop, Pinterest Shop, dan Instagram Shopping). Dengan cara ini, siswa bersama guru dan secara praktis akan belajar menyinkronkan situs web mereka (menggunakan Shopify sebagai referensi) dengan jejaring sosial dan mesin pencari, sehingga memperkuat strategi e-commerce mereka di alternatif pemasaran lain yang ada. sudah digunakan, sukses di sektor ini.
isi
- Teknik dan model dropship
- Social Commerce melalui Facebook Shop, Instagram Shopping, Pinterest Shop (pembuatan katalog dan sinkronisasi)
- Commerce Search melalui Google Shopping, Yahoo Shop, Microsoft Store (pembuatan dan sinkronisasi katalog)
- Perdagangan Streaming Langsung (penempatan produk)
Modul 9. Layanan Pelanggan, Logistik, dan Manajemen Pengiriman
obyektif
Siswa dijelaskan pilihan terbaiknya - tergantung pada strateginya (web Ecommerce/Marketplace), pilihan apa yang ada untuk manajemen pengiriman; penyimpanan produk, stok produk, dan pengembalian. Untuk melakukan hal ini, cara kerjanya akan ditentukan, hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan demi keberhasilan proses, dan platform mana yang saat ini berfungsi paling baik tergantung pada wilayah, internasionalisasi, vertikal bisnis, jenis produk.
isi
- Layanan pelanggan: waktu respons, pengiriman, pengemasan, pengembalian, dan aspek hukum
- Penyediaan dalam perdagangan elektronik dan hubungan dengan pemasok
- Logistik dan manajemen stok di gudang
- Manajemen pengiriman, metode pengiriman dan layanan purna jual
- Model manajemen stok untuk E-niaga dan Marketplace
- Platform pengiriman: pilihan tergantung pada internasionalisasi layanan dan industri
Modul 10. Loyalitas, dan integrasi Otomasi Pemasaran
obyektif
Dalam modul ini siswa akan belajar tentang berbagai jenis tindakan yang mungkin dilakukan untuk loyalitas dan retensi pelanggan.
Demikian pula, Anda akan mempelajari secara praktis berbagai alat terkini yang memungkinkan pengelolaan data untuk kampanye pemasaran loyalitas; Anda akan mengetahui mekanisme agar web cart yang ditinggalkan tidak menjadi kehilangan penjualan; dan, Anda akan belajar cara bekerja dengan program loyalitas pengguna melalui Marketplace, yang menghasilkan komentar positif dari pengguna lain, dengan tujuan merek – dan produk – mendapatkan prestise di antara calon konsumen lainnya. .
isi
- Loyalitas, retensi, dan nilai seumur hidup pelanggan (LTV)
- Promosikan pembelian berulang melalui Otomatisasi Pemasaran (Selligent Tool)
- Program loyalitas di Marketplace (Program Vine)
- Strategi pemasaran email dan segmentasi basis data (CRM)
- Cara mengoptimalkan keranjang belanja di web ecommerce (Frizbit Tool)
TFM
Siswa harus mempresentasikan dan mempertahankan Proyek Akhir Master yang terdiri dari proyek perdagangan elektronik di hadapan Pengadilan yang terdiri dari Direktur Program dan anggota Fakultas, selain tutor akademik.
Pekerjaan akan dilakukan secara berkelompok, yang terdiri dari minimal 4 orang dan maksimal 5 siswa. Setiap kelompok akan ditugaskan seorang tutor milik staf pengajar, yang akan bertanggung jawab untuk memastikan kemajuan proyek yang benar, kemajuan bimbingan belajar dan memberikan umpan balik yang berkelanjutan.
Untuk melaksanakan proyek, serangkaian kiriman harus disajikan sepanjang kursus yang akan dikirimkan kepada tutor pada tanggal yang ditentukan olehnya, dan itu akan diperbaiki dan dikembalikan dengan kontribusi yang menurutnya perlu untuk kemajuan yang benar. proyek. .
Presentasi dan pembelaan tugas akhir di hadapan Pengadilan oleh seluruh mahasiswa dalam kelompok merupakan syarat penting untuk memperoleh nilai pada bagian ini dan memperoleh gelar karena penyelesaian proyek bersifat wajib. Presentasi akan dilakukan setelah kursus selesai, selama 4 minggu ke depan, dan tanggalnya akan ditetapkan di awal kursus dan tidak akan dipindahkan (kecuali karena force majeure).
Kesempatan berkarir
Setelah menyelesaikan program, siswa akan dilengkapi dengan profil karir yang unik yang akan mempersiapkan mereka untuk posisi seperti:
- Direktur E-niaga
- Manajer e-niaga
- Asisten E-niaga
- Pemilik Bisnis E-niaga
- Manajer Pasar
- Asisten Pasar
- Manajer Pemasaran Perdagangan Online
- GPV (manajer tempat penjualan) online
- Manajer Pemasaran Kinerja
- Asisten Pemasaran Kinerja
- Spesialis Perdagangan Elektronik