Ahli dalam Intervensi dengan Migran dan Pengungsi

Umum

Deskripsi Program

Kursus ini terutama ditujukan untuk intervensi dengan imigran dan pengungsi. Tujuannya adalah untuk menawarkan pengetahuan dan elemen-elemen praktis yang diperlukan untuk mendukung imigran dan pengungsi dalam proses penerimaan dan integrasi ke dalam masyarakat Spanyol.

Target audiens

Kursus ini ditujukan untuk orang yang tertarik bekerja di bidang migrasi dan perlindungan atau mulai mempelajarinya. Ini dapat diambil oleh orang-orang tanpa gelar yang lebih tinggi, meskipun preferensi akan diberikan kepada mereka yang memiliki pengalaman di bidang sosial. Namun, orang yang kemudian ingin ijazah diambil untuk menghitung mereka untuk mengakses gelar Master harus memiliki gelar atau gelar setara.

Program Akademik

Modul 1: Pengantar migrasi di dunia global (37,5 jam)

Guru yang Bertanggung Jawab: Joaquín Arango

  1. Migrasi internasional di era globalisasi
  2. Kebijakan imigrasi, dengan penekanan pada penerimaan dan kontrol
  3. Pengungsi dan pencari suaka
  4. Kewarganegaraan dan akses kewarganegaraan
  5. Kebijakan imigrasi dan suaka umum di Uni Eropa

Setelah pengantar singkat dalam perspektif sejarah, modul ini akan menganalisis fitur-fitur utama migrasi internasional di era globalisasi, serta karakteristik rezim imigrasi dan kewarganegaraan yang berlaku saat ini. Selanjutnya, ia akan memeriksa kebijakan-kebijakan yang melaluinya negara-negara berusaha mengatur migrasi, dengan penekanan khusus pada mereka yang masuk dan mengendalikan masuk dan permanen. Perhatian khusus akan diberikan pada migrasi paksa dan permintaan untuk perlindungan internasional yang dihasilkan dari mereka, serta kebijakan yang mengatur akses ke kewarganegaraan dan kebangsaan. Akhirnya, modul akan menganalisis proses yang belum selesai dalam membangun integrasi bersama dan kebijakan suaka di Uni Eropa, kemajuan yang dibuat dan kesulitan yang memperlambat kemajuannya.

Modul 2: Integrasi sebagai tujuan intervensi (37,5 jam)

Guru yang Bertanggung Jawab: Rosa Aparicio

  1. Teori, model dan kebijakan integrasi
  2. Dimensi integrasi
  3. Proses integrasi: wilayah, pelaku, tahapan dan hambatan
  4. Elemen untuk mendiagnosis integrasi
  5. Integrasi imigran dan pengungsi di Spanyol

Pada bagian pertama, alasan-alasan yang menjadikan integrasi sebagai tema sentral dalam intervensi dengan imigran dan pengungsi akan dibahas, kemudian melanjutkan untuk memeriksa konsep-konsep integrasi yang telah ditangani dari perspektif yang berbeda, serta berbagai model integrasi dan evolusi kebijakan integrasi di Eropa dan Spanyol. Kemudian akan dilanjutkan untuk menganalisis apa yang terdiri dari proses integrasi, area dan aspek yang dicakupnya, para aktor yang terlibat dan faktor-faktor yang dapat mendukung atau menghambatnya. Pada langkah berikutnya, elemen-elemen akan diberikan untuk mendiagnosis bagaimana dan sejauh mana proses integrasi sedang dilakukan, dan akhirnya untuk menganalisis situasi mengenai integrasi imigran dan pengungsi di Spanyol.

Modul 3: Sistem penerimaan sosial dan intervensi dengan pelamar untuk perlindungan internasional (37,5 jam)

Guru yang Bertanggung Jawab: Enrique Barbero

  1. Kerangka hukum dan situasi hukum-administrasi pelamar untuk perlindungan internasional dan pengungsi
  2. Sistem penerimaan dan integrasi sosial. Aktor, model intervensi, tindakan dan layanan
  3. Kontekstualisasi, diagnosis sosial, dan desain rencana perjalanan untuk penyisipan sosial dan tenaga kerja. Mekanisme partisipasi sosial
  4. Deteksi, identifikasi, perawatan dan pendampingan kelompok dalam situasi kerentanan khusus: korban perdagangan manusia untuk tujuan eksploitasi seksual dan orang dengan masalah kesehatan mental

Mulai dari uraian berbagai profil sosial para pelamar dan penerima manfaat perlindungan internasional di Spanyol, serta, dalam istilah-istilah ini, banyaknya penyebab yang memotivasi aplikasi suaka mereka masing-masing, kerangka hukum yang mengatur situasi hukum di masyarakat tuan rumah ini selain prosedur administrasi yang sesuai. Pada skema umum dan pengantar ini, kami melanjutkan dengan eksposisi aktor-aktor intervensi, program sosial, metodologi intervensi dan sumber daya sistem untuk pencapaian integrasi dan otonomi efektif dari orang-orang yang termasuk dalam kelompok ini. Pada akhirnya, dengan menyediakan alat diagnostik dan intervensi yang konkret, situasi kelompok rentan dan kolektif terungkap, seperti kasus korban perdagangan manusia.

Modul 4: Integrasi para migran dan hidup berdampingan dalam masyarakat yang beragam dan multikultural (37,5 jam)

Guru yang Bertanggung Jawab: María Tejada

  1. Peran Sektor Ketiga dalam integrasi
  2. Migran dan rezim hukum mereka di Spanyol: Hukum Imigrasi
  3. Area intervensi dan program kepedulian sosial bagi imigran
  4. Tindakan komunikasi, kesadaran dan mobilisasi sosial untuk perlakuan yang sama, toleransi dan hidup berdampingan

Peraturan saat ini yang mengatur situasi hukum orang asing di Spanyol terbuka, serta prinsip-prinsip panduan kebijakan integrasi. Dalam kerangka ini, dijelaskan program bantuan sosial untuk imigran dan peran spesifik Sektor Ketiga. Justru dari masyarakat sipil, inisiatif muncul dalam perang melawan kejahatan rasial dan munculnya wacana rasisme dan xenophobia; Untuk ini, langkah-langkah hukum diadopsi yang menjamin perlakuan yang sama dan kampanye kesadaran diimplementasikan untuk hidup berdampingan dalam masyarakat yang beragam dan multikultural.

Modul 5: Praktek (40 jam)

Koordinator: Enrique Barbero

Pada tahap akhir, siswa akan diintegrasikan ke dalam LSM atau entitas lain yang bekerja dengan imigran dan / atau pengungsi, dapat mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari di bawah pengawasan orang-orang yang berkualitas dan berpengalaman. Praktik-praktik ini akan melibatkan minimal 30 jam bantuan tatap muka di LSM atau entitas di mana mereka diintegrasikan, dapat menyepakati hari dan jam sehingga mereka kompatibel dengan kegiatan lain dari siswa. Sisanya 10 jam akan dikhususkan untuk menyiapkan memori pengalaman.

Koordinasi kursus akan bertanggung jawab, sedapat mungkin, untuk memberikan para siswa tempat-tempat di mana mereka dapat melakukan praktik mereka. Dalam kasus-kasus di mana hal ini tidak dimungkinkan karena siswa berada di tempat di mana penyelenggara kursus tidak memiliki sumber daya atau karena siswa memiliki preferensi untuk beberapa entitas selain dari yang disediakan yang tidak ada perjanjian, maka Siswa akan dapat menunjukkan kepada koordinasi entitas yang telah diidentifikasi atau dia sukai dan koordinasi akan menghubunginya untuk setuju dengan penerimaan dalam praktik siswa.

praktek

Kursus ini memiliki program magang. Setelah menyelesaikan modul teori, siswa akan bergabung dengan LSM atau entitas lain yang bekerja dengan imigran dan / atau pengungsi, dapat mempraktekkan apa yang telah mereka pelajari di bawah pengawasan orang-orang yang berkualitas dan berpengalaman. Praktik-praktik ini akan melibatkan minimal 30 jam bantuan tatap muka di LSM atau entitas di mana mereka terintegrasi, dan hari-hari dan jam dapat disepakati sehingga mereka kompatibel dengan kegiatan lain dari siswa. Sisa 10 jam akan dikhususkan untuk menyiapkan memori pengalaman.

Koordinasi kursus akan bertanggung jawab, sedapat mungkin, untuk memberikan para siswa tempat-tempat di mana mereka dapat melakukan praktik mereka. Dalam kasus-kasus di mana hal ini tidak dimungkinkan karena siswa berada di tempat di mana penyelenggara kursus tidak memiliki sumber daya atau karena siswa memiliki preferensi untuk beberapa entitas selain dari yang disediakan yang tidak ada perjanjian, maka Siswa akan dapat menunjukkan kepada koordinasi entitas yang telah diidentifikasi atau dia sukai dan koordinasi akan menghubunginya untuk setuju dengan penerimaan dalam praktik siswa.

metodologi

Kursus dicampur. Ini terdiri dari 190 jam didistribusikan dalam empat modul konten dan satu modul praktis. Modul akan diajarkan pada tingkat satu per bulan. Setiap modul akan memiliki bagian tatap muka. Akan ada total 4 sesi tatap muka yang akan berlangsung pada hari Sabtu di akhir pekan pertama di mana setiap modul dimulai. Sisanya akan dilakukan secara online melalui kampus virtual, di mana akan ada materi seperti presentasi, panduan dan bacaan yang disarankan serta tutorial. Untuk setiap modul harus ada tes untuk lulus, yang juga akan dilakukan secara online. Dalam kasus luar biasa, tidak hadir di sesi tatap muka dapat dipertimbangkan.

Materi kelas akan tersedia di kelas virtual, termasuk presentasi yang dibuat oleh guru di kelas. Adalah penting bahwa para peserta menyiapkan bahan ajar di muka, secara individual menyiapkan catatan dengan evaluasi konten mereka, dan secara aktif berpartisipasi dalam diskusi yang dipromosikan dalam forum virtual.

Tentang kelas streaming

Kelas streaming akan dimulai pukul 16:30 di Spanyol dan akan berlangsung selama dua jam. Ada kemungkinan bahwa perubahan dapat terjadi dalam waktu yang ditentukan karena alasan force majeure. Bagaimanapun, perubahan yang terjadi dalam perencanaan awal akan dilaporkan tepat waktu.

Dalam panduan pengajaran setiap modul, hari dan waktu sesi akan ditentukan. Bagi para peserta yang tidak dapat terhubung saat ini, sesi akan direkam sehingga mereka dapat melihatnya ketika mereka memiliki waktu untuk melakukannya. Kapan pun memungkinkan, upaya akan dilakukan untuk membuat video tersedia di kampus virtual sebelum kelas berikutnya.

Pada bagian akhir streaming, siswa akan memiliki kemungkinan untuk bertanya langsung kepada guru dari setiap modul, untuk memperjelas atau memperluas aspek-aspek yang mereka anggap tepat.

Sistem evaluasi

Sistem evaluasi setiap modul ditentukan dalam panduan didaktik dan mencakup persentase kualifikasi setiap kegiatan yang diusulkan oleh guru, serta kriteria evaluasi. Untuk lulus program ini adalah persyaratan untuk lulus modul dan telah melakukan semua kegiatan yang dapat dievaluasi yang telah dimasukkan dalam kalender akademik. Peserta yang, karena alasan yang dibenarkan, harus menunda pengembangan beberapa kegiatan akan memiliki waktu pemulihan sebelum ditutup.

Layanan dukungan siswa

Perencanaan mencakup satu minggu pengenalan siswa, di mana modul pengantar dikembangkan, di mana informasi tentang sistem evaluasi dan penggunaan alat kampus tersedia. maya Peserta memiliki panduan umum untuk program ini, di mana mereka dapat berkonsultasi dengan kalender akademik dan deskripsi terperinci dari kegiatan pelatihan dan penilaian yang diluncurkan.

Tindak lanjut yang dipersonalisasi dari para peserta

Para tutor memantau kinerja para peserta setiap hari, memverifikasi tingkat partisipasi mereka dalam kegiatan pelatihan dan hasil yang mereka peroleh dalam evaluasi modul. Mereka melakukan pembaruan reguler dari kampus virtual dengan berita menarik bagi para siswa, dan mengirim pengingat tentang tugas yang harus mereka lakukan, sesuai dengan kalender akademik. Pemantauan yang dilakukan oleh tutor adalah kunci untuk membimbing peserta dalam manajemen waktu dan membuat mereka tetap termotivasi selama pengembangan program.

Pemantauan dilakukan dengan mempertimbangkan profil dan kebutuhan setiap siswa. Alat-alat kampus virtual digunakan untuk memperoleh informasi tentang akses peserta ke isi program, dan keterlibatan mereka dalam kegiatan diskusi atau debat. Selain itu, kontak yang dipersonalisasi dibuat melalui email dan melalui panggilan telepon untuk mengetahui penyebab rendahnya partisipasi siswa, jika ini terjadi. Selama sesi tatap muka, siswa dapat mengadakan pertemuan dengan tutor untuk membangun saluran komunikasi yang paling tepat di seluruh program.

Konsultasi dan tutorial

Para siswa memiliki serangkaian alat yang memungkinkan mereka untuk membuat pertanyaan harian tentang konten modul dan mengirimkan, kepada mereka yang bertanggung jawab untuk program ini, setiap insiden yang mungkin timbul dalam pengembangannya. Para tutor menyimpan catatan konsultasi yang dibuat oleh para peserta dan berkomitmen untuk merespons dalam jangka waktu tidak lebih dari 72 jam.

Tutorial dilakukan dengan mengaktifkan forum virtual atau mengatur panggilan telepon antara peserta dan koordinator modul. Dalam setiap kasus, modalitas yang paling tepat akan ditentukan berdasarkan kebutuhan modul dan jumlah peserta yang terdaftar dalam program.

Konsultasi dengan guru sebaiknya dilakukan melalui kampus virtual, menghindari penggunaan email. Pertanyaan dapat diatasi melalui forum atau pesan langsung.

Kampus Virtual

Kampus Virtual adalah platform pengajaran dan interaksi online yang ditawarkan kepada staf pengajar dan peserta pelatihan. Dukungan ini memfasilitasi pemulihan hubungan antara guru dan siswa dan memungkinkan akses ke konten akademik. Ini adalah dukungan pendidikan untuk sesi tatap muka dan alat dasar untuk pengembangan sesi virtual.

pendaftaran

Batas waktu untuk memproses pendaftaran adalah 1 Oktober 2020

Harga: € 1,300 *

* Kursus ini memiliki bonus untuk edisi kedua ini 250 euro. Selain bonus ini, siswa akan dapat mengakses jalur pembiayaan dan pembayaran yang ditangguhkan (berkonsultasi).

Siswa yang meresmikan pendaftaran mereka sebelum 15 Juli akan mendapat diskon tambahan sebesar 5% dari biaya pendaftaran.

Untuk pemesanan tempat, kandidat harus membayar € 100 yang akan dikurangkan dari harga akhir pendaftaran.

  • Batas waktu untuk melakukan pembayaran pertama adalah 1 Oktober 2020.
  • Batas waktu pembayaran kedua adalah 15 Januari 2021.

Untuk membuat Reservasi Tempat, Anda harus mengisi formulir yang dapat Anda akses dengan menekan tombol yang terletak tepat di atas menu kursus.

Sebelum melanjutkan pembayaran, Anda harus mengikuti kursus, yang sebelumnya Anda harus mengisi formulir "Reservasi Tempat" dan mengirimkannya bersama CV. Anda dapat menemukan tombol untuk mengakses formulir, tepat di atas menu kursus.

Setelah Anda diberitahu tentang penerimaan, Anda harus menyerahkan dokumen-dokumen berikut:

  • Fotokopi Dokumen Identitas atau Paspor Nasional
  • Fotografi paspor
  • Fotokopi gelar sarjana (jika ada)

Penting: Gateway pembayaran IUIOG hanya mendukung Secure Electronic Commerce (CES): Kartu yang valid secara eksklusif terkait dengan Verified by Visa, Mastercard Securecode. Anda harus telah terdaftar pada entitas perbankan elektronik atau perbankan Internet, jadi, ketika transaksi dilakukan, di samping data yang biasa (nomor kartu, tanggal kedaluwarsa, dll.), Untuk dapat beroperasi secara online, ia tiba kode yang berbeda dari ponsel setiap kali operasi dilakukan, atau PIN kartu harus dimasukkan.

Terakhir diperbarui Agu 2020

Tentang Sekolah

El Instituto Universitario de Investigación Ortega y Gasset, IUIOG, es un centro de excelencia en posgrado adscrito a la Universidad Complutense de Madrid. Especializado desde hace más de 30 años en e ... Baca terus

El Instituto Universitario de Investigación Ortega y Gasset, IUIOG, es un centro de excelencia en posgrado adscrito a la Universidad Complutense de Madrid. Especializado desde hace más de 30 años en el desarrollo e impartición de doctorados y másteres de alta calidad en los ámbitos de las Ciencias Sociales, las Humanidades y las Ciencias de la Salud, sus programas cuentan con reconocimiento oficial y, también, por ranking de prestigio. Baca Lebih Sedikit